Berbagi Tips Komputer dan Smartphone Terbaru, Materi Kuliah Teknik Informatika, Download Aplikasi dan ebook Gratis

Cara install Aplikasi Android Otomatis ke SDCard/Memory Eksternal

Cara install Aplikasi Android Otomatis ke SDCard/Memory Eksternal | Android adalah salah satu pesaing terkuat Apple saat ini karena harganya yang cukup terjangkau, juga disebabkan karena kekayaan Aplikasi yang dimiliki Android dan itupun sobat bisa dapatkan dengan gratis walaupun ada juga yang berbayar, tapi cuma berkisar 30% dari jutaan aplikasi android yang ada di Android Market.

Karena banyaknya aplikasi gratis dan mudahnya untuk mendapatkan aplikasi dari android ini, banyak pengguna android yang mengalami masalah memory internal nya penuh sehingga membatasi anda untuk menginstal Aplikasi dan lebih parahnya lagi perangkat Android anda lambat bekerja/lemot dan sering muncul pesan low memory. Hal ini terjadi karena ketika anda mendownload aplikasi dari Android market akan secara otomatis terinstall ke Memory Phone/memory internal, tentu ini tidak jadi masalah jika memory phone anda berukuran besar. Tapi, jika memory phone yang anda punya terlalu kecil maka hal ini merupakan masalah besar bagi perangkat android anda. sebagai solusinya, pindahkan target installasi aplikasi agar secara otomatis ke SDCard/memory eksternal.

Berikut cara install aplikasi android otomatis ke SDCard/Memory Eksternal:

    1. Pastikan anda sudah mendownload dan menginstall Android SDK, jika belum download disini 
      Demi kelancaran installasi Android SDK, pastikan pula anda sudah menginstall JAVA JDK (Java Development Kit) sesuai versi OS anda. Jika belum, download disini.

    2. Pastikan Driver ponsel anda sudah terinstall lengkap di PC / laptop, misalnya Samsung Kies pada android Samsung, hal ini untuk memudahkan PC mengenali perangkat anda di sistem.

    3. Berikutnya (setelah opsi 1 dan 2 beres), pasang ponsel anda melalui USB.

    4. Kemudian masuk ke CMD dan panggil direktory lokasi Android JDK anda. Pada contoh ini lokasinya berada di C:\Program Files\Android.

      Jadi panggil direktorinya dengan mengetik CD\Program Files\Android\android-sdk\platform-tools kemudian tekan ENTER hingga seperti gambar berikut :

      PATH INSTALLASI ANDROID

    5. Kemudian, ketik adb devices untuk memastikan apakah ponsel anda sudah terdeteksi atau belum, seperti gambar berikut :

      ADB DEVICES

      Pada gambar diatas, tampak bahwa ponsel yang digunakan bernomor seri S5570cabc3ecc, dimana "S" merupakan indikasi merk Samsung.
      Namun Jika perangkat anda tidak terdeteksi, maka pastikan opsi USB Development Mode-nya diaktifkan, cara mengaktifkannya, masuk dari perangkat Android anda di menu SETTING > APPLICATIONS SETTINGS > DEVELOPMENT kemudian beri ceklis pada USB Debugging. Selanjutnya lepas USB dari PC dan pasang lagi. Nanti akan ada proses sejenak untuk installasi driver.

    6. Berikutnya, ketikkan perintah adb shell pm setInstallLocation 2, seperti gambar berikut :

      Set Install

      Jika setelah Sobat menekan Enter dan tidak menampilkan pesan apa-apa, berarti perintah yang anda ketik telah sukses dilakukan.

    7. Kini, setiap anda mendownload aplikasi dari Android market akan secara otomatis terinstall ke SDCard atau Memory Eksternal.



CATATAN : Jika ingin mengembalikan ke settingan semula (memory phone), anda cukup melakukan langkah 1 s/d 5 diatas, kemudian mengetik perintah adb shell pm setInstallLocation 1 atau ganti 1 dengan jika ingin auto

Sekian Artikel saya kali ini tentang Cara install Aplikasi Android Otomatis ke SDCard/Memory Eksternal, Semoga Bermanfaat.

Sampai jumpa di postingan saya selanjutnya dan jangan lupa untuk berkunjung setiap hari untuk mendapatkan postingan-postingan terbaru dari saya.

Untuk membaca postingan saya yang lainnya, silahkan membuka DAFTAR ISI pada menu Blog ini.

Referensi

Cara install Aplikasi Android Otomatis ke SDCard/Memory Eksternal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sam Palopo

19 komentar:

Dangstars said...

Asik juga pake cara begini nih ,,thanks

Sam Palopo said...

iya Sob, jadi tdk repot lagi pake apliksi untuk pindahkan aplikasi ke SDCard. terima kasih juga sudah berkunjung. salam

Anonymous said...

keren info yang berguna, nice share..

Sam Palopo said...

Terima Kasih Sob

BLocQs31 said...

thanks bro..

Sam Palopo said...

Terima kasih juga Sob sudah berkunjung :D

Yanwar Permadi said...

kok malah jadi "error:unknow command" ?

Sam Palopo said...

berarti perintahnya salah sob, nama file directorinya belum tentu sama dengan file sobat, coba dicek...

Tri Winardi said...

saya udah download aplikasi dan java nya, java nya juga udh di install, tp kok aplikasi nya tetep gak mw di install ya, dia nyuruh saya bwt download java lagi, udah saya ulangi download dan instal nya, tetap tidak mw,

Sam Palopo said...

mungkin JDK yang Sobat download tidak sesuai dengan versi OS sobat. Coba cari di google aja sob yang sesuai dengan OS Sobat. Semoga berhasil

Angga Ilham said...

Kok di installan android-sdk saya gak ada platform-tools ya? Malahan, platform dan tools itu memisah jadi masing masing folder, di dalam platform gak ada apa-apa. Di tools ada beberapa files. Jadi saya harus gimana? Mohon bantuannya. Terima kasih.

Anonymous said...

Maaf ijin nambahin postingan gan :)
-Bagi sobat2 yg tdk bs menemukan directory platform-tools bisa dicoba dgn menjalankan SDK Manager kemudian akan muncul konfirmasi untuk mendownload directory platform-tools.
-Perintah yg ane pake adb shell pm set-install-location 2

Sam Palopo said...

Terima Kasih Sob atas koreksian nya...

SeanZ-FormatioN said...

gan ko ane kg terindikasi nomor seri ya udah ketik adb devices, padahal udah di centang usb debug nya, udah ketemu juga di samsung kies, permasalahanya??

SeanZ-FormatioN said...

gan ko saya kg terindikasi nomor seri ny ya, padahal udah di centang usb debug nya, di samsung kies juga kebaca, permasalahanya?? HH ane samsung young GT-S6310

SeanZ-FormatioN said...

ga bisa gan, tetep aja ane download yg berkurang memory telephon/internal, semua udah ane ikutin lancar, pass mau download dan install yg berkurang msh memory telephone/internal ny msh masuk di memory internall bukan di external.

Ari l said...

apa harus di root dulu gan....?. hp ane masih garansi , kuatirnya garansi nya batal karena di utak atik.ane pakai samsung glxy fame gt-s6810

DAROJAT ozora said...

gak bisa yang setInstallLocation 1 / 2 / 0 ... pas disitunya aja gak bisa

hafiz hawari siregar said...

Ada yg salah dalam kode st install location klw gk salah iu kodenya, tp ada yg beda saya juga menggunakan cara seperti ini tpi dri hp saya bukan pc da softwarenya kok + instruksi