Berbagi Tips Komputer dan Smartphone Terbaru, Materi Kuliah Teknik Informatika, Download Aplikasi dan ebook Gratis

Sekilas Tentang Firewall

Pengertian Firewall | Kali ini saya berbagi sedikit Materi Kuliah tentang Firewall dimana materi ini saya dapat dari mata kuliah Analisis Perancangan dan Keamanan Jaringan. Firewall adalah sebuah software atau hardware atau kombinasi keduanya maupun sistem itu sendiri untuk mencegah akses yang tidak berhak ke suatu jaringan sehingga ada suatu mekanisme yang bertujuan untuk melindungi, baik dengan menyaring, membatasi atau bahkan menolak suatu hubungan/kegiatan (dari luar kedalam atau dari dalam ke luar) suatu segmen pada jaringan pribadi dengan jaringan luar yang bukan merupakan ruang lingkupnya berdasarkan aturan-aturan yang ditetapkan.

Segmen tersebut dapat merupakan sebuah jaringan workstation, server, router, atau local area network (LAN) maupun wireless.

Firewall

Konsep Firewall


- Tujuan untuk Melindungi, yaitu dengan cara :

      -  Menyaring
      -  Membatasi
      -  Menolak

(hubungan/kegiatan suatu segmen pada jaringan pribadi dengan jaringan luar yang bukan merupakan ruang lingkupnya)  

- Segmen tersebut dapat merupakan sebuah workstation, server, router, atau local area network (LAN) anda.

Konfigurasi Sederhana


PC (jaringan local) <==> FIREWALL <==> INTERNET (jaringan lain)

Konsep Firewall

Karakteristik Firewall


Seluruh hubungan/kegiatan dari dalam ke luar , harus melewati firewall.
Hal ini dapat dilakukan dengan cara memblok/membatasi baik secara fisik semua akses terhadap jaringan Lokal, kecuali melewati firewall. Banyak sekali bentuk jaringan yang memungkinkan
Hanya Kegiatan yang terdaftar/dikenal yang dapat melewati/melakukan hubungan.
hal ini dapat dilakukan dengan mengatur policy pada konfigurasi keamanan lokal. Banyak sekali jenis firewall yang dapat dipilih sekaligus berbagai jenis policy yang ditawarkan
Firewall itu sendiri haruslah kebal atau relatif kuat terhadap serangan/kelemahan.
hal ini berarti penggunaan sistem yang dapat dipercaya dan dengan Operating system yang relatif aman

Teknik yang digunakan


Service control (kendali terhadap layanan)

berdasarkan tipe-tipe layanan yang digunakan di Internet dan boleh diakses baik untuk kedalam ataupun keluar firewall. Biasanya firewall akan mencek no IP Address dan juga nomor port yang di gunakan baik pada protokol TCP dan UDP, bahkan bisa dilengkapi software untuk proxy yang akan menerima dan menterjemahkan setiap permintaan akan suatu layanan sebelum mengijinkannya. Bahkan bisa jadi software pada server itu sendiri , seperti layanan untuk web ataupun untuk mail.

Direction Control (kendali terhadap arah)

berdasarkan arah dari berbagai permintaan (request) terhadap layanan yang akan dikenali dan diijinkan melewati firewall.

User control (kendali terhadap pengguna)

berdasarkan pengguna/user untuk dapat menjalankan suatu layanan, artinya ada user yang dapat dan ada yang tidak dapat menjalankan suatu servis,hal ini di karenakan user tersebut tidak di ijinkan untuk melewati firewall. Biasanya digunakan untuk membatasi user dari jaringan lokal untuk mengakses keluar, tetapi bisa juga diterapkan untuk membatasi terhadap pengguna dari luar.

Behavior Control (kendali terhadap perlakuan)

berdasarkan seberapa banyak layanan itu telah digunakan. Misal, firewall dapat memfilter email untuk menanggulangi/mencegah spam.

Sekian Sekilas Tentang Firewall yang sempat saya bagikan untuk Sobat, Semoga bermanfaat.
Sampai jumpa di postingan saya selanjutnya dan jangan lupa untuk berkunjung setiap hari untuk mendapatkan postingan-postingan terbaru dari saya.
Untuk membaca postingan saya yang lainnya, silahkan membuka DAFTAR ISI pada menu Blog ini.

Sekilas Tentang Firewall Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sam Palopo

0 komentar: