Berbagi Tips Komputer dan Smartphone Terbaru, Materi Kuliah Teknik Informatika, Download Aplikasi dan ebook Gratis

Cara Mengatasi PES Tidak Bisa Jalan Karena Kurang VRAM

Cara Mengatasi PES Tidak Bisa Jalan Karena Kurang VRAM | PES 2013 memang Game yang paling digemari saat ini dan berita yang saya dengar bulan depan KONAMI akan merilis PES 2014. Sebagai salah satu penggemar berat dari game yang satu ini yaitu Pro Evolution Soccer (PES), banyak teman saya yang selalu konsultasi (huhuuii kayak dokter, hehee) tentang masalah Game PES nya tidak bisa berjalan di Laptop, salah satu masalah yang paling sering terjadi yaitu Karena Kurangnya VRAM atau video memory sebuah Laptop atau PC. Kebetulan saya juga pernah mengalami VRAM Unable Saat Mau Main PES 2013 sewaktu saya menggunakan Windows 7, Pada umumnya, biasanya hal ini terjadi pada laptop yang menggunakan system operasi Windows 7 dengan VGA Intel® graphics.

Untuk masalah lainnya silahkan baca postingan saya untuk Mengatasi PES 2013 ERROR setelah install PESEDIT ( Patch ).

Kalau belum punya Patch Terbarunya Sobat bisa Download disini PESEdit 2013 Patch Terbaru

Ok, kita kembali lagi ke pokok pembahasan. Cara Mengatasi PES Tidak Bisa Jalan Karena Kurang VRAM ini sebenarnya saya dapat dari berbagai sumber di internet, saya juga sudah coba berbagai macam cara dan akhirnya saya dapat tips yang jitu dari blog Ali Madura yang saya ulas kembali sedetil-detilnya dalam postingan ini. hanya cara ini yang mampu mengatasi PES Tidak Bisa Jalan Karena Kurang VRAM. Berikut Screenshot Pesan yang muncul karena kurangnya VRAM pada Laptop/PC yang sempat saya dokumentasikan.

Pesan di atas kalau dalam bahasa kita adalah "Komputer kamu tidak memenuhi sistem minimal rekomendasi untuk menjalankan program ini, Video Card kamu tidak memenuhi standar spesifikasi. (GPU:VRAM 128MB)", Artinya VRAM yg terbaca di komputer Sobat tidak sampai 128MB maka munculah warning seperti di atas, anda mungkin bisa menjalankan program tsb dengan mengklik ignore tapi kadang kala hal tsb dapat menyebabkan crash pada saat bermain PES 2013 yaitu saat akan pilih match, memilih avatar atau saat pilih menu exebition dan saat mengatur game plan untuk bermain, tiba-tiba Game PES Sobat keluar sendiri dan muncul gambar seperti dibawah.


Jika Sobat juga mengalami masalah-masalah tersebut diatas, Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

Cara Mengatasi PES Tidak Bisa Jalan Karena Kurang VRAM



Uninstall terlebih dahulu Driver VGA yang digunakan saat laptop tidak bisa memainkan game tersebut, caranya klick kanan pada My Computer, lalu klick Manage. lalu akan nampak seperti gambar dibawah, Klik Device Manager (tanda merah).


Selanjutnya cari Display adapters, klick 2x pada VGA yang ada di display adapters, lalu pilih uninstall. atau ikuti langkah-langkah pada gambar dibawah


Jika Proses Uninstall selesai, maka Laptop sobat akan restart dengan sendirinya.

Selanjutnya Instal Driver "Windows XP" untuk mengagantikan Driver yang di Uninstall tadi, jika belum dapat  driver nya silahkan sobat Download DISINI untuk VGA laptop yang memakai Intel® graphics atau search aja di google dengan kata kunci driver XP dan type Laptop sobat. Disinilah letak kuncinya kenapa kita harus mengganti dengan Driver Windows XP, karna jika menggunakan driver untuk windows 7 pasti nantinya akan terbaca 64Mb, karna sebagian besar memory akan di alokasikan untuk performa grapichs jadi hanya 64MB yang tersisa.

Jika Sobat telah sukses menginstall Driver VGA Windows XP di Laptop Sobat, silahkan buka game PES 2013 nya, dijamin tidak akan ada lagi "WARNING". Cara ini sudah saya terapkan di 3 Laptop punya teman saya dan semuanya berhasil.

CATATAN :
Tidak semua laptop bisa memakai cara ini, karena tidak semua laptop/PC video cardnya support dengan driver windows xp.

Download disini Update Transfer Pemain Terbaru Game PES 2013 musim 2014-2015

Sekian Postingan saya tentang Cara Mengatasi PES Tidak Bisa Jalan Karena Kurang VRAM. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat.

Sampai jumpa di postingan saya selanjutnya untuk mendapatkan informasi dan tips seputar GAME PES dari saya.
Untuk membaca postingan saya yang lainnya, silahkan membuka menu DAFTAR ISI pada blog ini.

Cara Mengatasi PES Tidak Bisa Jalan Karena Kurang VRAM Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

42 komentar:

Unknown said...

Maaf saya mau tanya driver win xp merubah tampilan win7 nya gak ?

Ray said...

Kang ada efek nya gak kalo kita hapus intel grapic nya

Unknown said...

Efeknya Cuma di Tampilan windows nya Sob, resolusinya berubah. Di coba saja Sob, tdk akan merusak windows kok. Terima Kasih kunjungannya dan semoga membantu.

Unknown said...

Efeknya Cuma di Tampilan windows nya Sob, resolusinya berubah. Di coba saja Sob, tdk akan merusak windows kok. Terima Kasih kunjungannya dan semoga membantu.

Unknown said...

Tampilan Windows 7 nya tidak berubah Sob, cuma Resolusi layar yang berubah alias tampilan besar. Terima Kasih kunjungannya.

Alberado Ritumesa said...

kok tampilan windows laptop ane jadi berubah sob ?
solusinya dong...

Unknown said...

Bisa infokan lebih detail lagi Sob, biar sy bisa bantu?? Kalau Driver VGA Laptop Sobat sudah di Uninstal (dihapus), tampilan dan resolusi windows memang jadi berubah Sob, nah sekarang langkah selanjutnya, install Driver VGA untuk Windows XP nya, maka tampilan windows sobat akan kembali seperti semula dan coba deh jalankan Game PES nya. Terima kasih dan semoga membantu.

Danny said...

Gan, efeknya ke tampilan windows maksudnya gimana gan? apakah layarnya makin kecil atau gimana gan? laptop ane Intel HD Chipset, Intel core 2 Duo, 1.83Ghz, RAM 2048, VRAM 64 gan.

Terbaca di PES
Prosesor : BAD
RAM : OK
VRAM sama GPU nya UNABLE gan di PC.

Danny said...

Gan maksud dari tampilan windowsnya berubah yang jadi kaya gimana gan? Apakah layarnya mengecil?

Spek Laptop ane :
Intel Core 2 Duo 1,83Ghz
2048 RAM

Kalo di PES 2013
Prosesor : Bad
Ram : Good
VRAM sama GPU nya UNABLE gan.

Unknown said...

Gan, maksudnya tampilan windows berubah yg gimana gan? apa layarnya mengecil?
Spek laptop saya :
Processor : Intel Core 2 Duo 1,83GHz
RAM 2048 GB

Yang dibaca di PES 2013
Procesor : Bad
RAM : Good

GPU : Unable
VRAM : Unable, terbaca cuma 64 MB gan

Unknown said...

gpp itu klu di ganti win 7 ny ?

ezha ocenk said...

berhsil gan , thanks :)

Unknown said...

Selamat Sob, Senang Juga bisa membantu

Anonymous said...

gan kalo mau balikin lagi gimana ?

Viias said...

makasih gan, mudah"an setelah dipraktekan jdi bisa

Unknown said...

Gan ane pake windows 8 cara mengatasinya gmn gan dengan masalah yg sama
Thanx gam

Unknown said...

Gan klo mengatasi masalah itu tp ane pake windows 8 gmn?
Thanx
Please reply ya gan

Unknown said...

gan saya sudah coba tapi gk berhasil...cara balikinnya gimana ?

IKRIMA said...

gan ane ud coba cuman laptop ane malah ga ad gambarnya alias monitornya seperti keadaan mati ane mw tanya cari balikimnnya kembali seperti semula gimana yah gan please di jawab gan....

IKRIMA said...

gan saya ud coba cuman laptop ane malah ga ada gambarnya alias monitornya mati tapi mesin laptopnya masih nyala cara ngembaliin seperti semula lagi gmna yah gan tolong dijawab gan makasih sebelumnya

Unknown said...

kok pes gk bisa jalan di widows 8
knp y ?

Anonymous said...

Gan , kalo windows 8 , nanti layarnya keubah gk gan?

Rgyghuhh said...

gan itu bisa untuk intel gma gak

Anonymous said...

gan ane dh download driver VGA windows XP, tpi kok wktu di instal Error...??

Anonymous said...

gan klo mau blikin resolusi'a gmna gan..??

Iwank said...

gan ane udah unistall tp kok malah jadi vga compitible yah??? ane cek di setting pes 2013 nya malah kosong GPU nya sama Vram nya 0Mb

Unknown said...

saya pakai intel HD graphic 3000
win 7 64 bit
tapi tetep gak bisa :D
kalau pakai driver XP... tolong carikkan lini download untuk toshiba satellite L735
oh iya gan.... jangan lupa kunjungan baliknya ke situs saya :D
www.bacawebster.com

Unknown said...

Sobsetelah instal xp, laptop nya stlah restar malah mati tapi msinnya hidup, gmana ni sob?? Please bantuin..

Mystic said...

gan,cariin yang amd radeon hd 7310 dong

Unknown said...

laptop saya lenovo..enggak jumpa divice manager nya...kenapa ya

e x said...

pake laptop apa ente

Unknown said...

maaf

Unknown said...

maaf

Unknown said...

maaf

Unknown said...

maaf

Unknown said...

kalo tipe laptop lenovo bisa ga gan?

Unknown said...

gan mau tanya.,
laptop saya VRAM nya kok berubah menjadi 0
Solusinya gimana,..??

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

kalo laptop nya intel pentium inside bisa gk?

Unknown said...

gan laptop saya itu gpu dan vram nya kurang..ketika memainkan pes laptop saya mati sendiri, ini yang rusak apa?

Unknown said...

belum di remove vga yang lama

Unknown said...

Gan gimana cara ngembaliin intel grapic yang asli bawaan laptop nya....