Berbagi Tips Komputer dan Smartphone Terbaru, Materi Kuliah Teknik Informatika, Download Aplikasi dan ebook Gratis

Cara Mengetahui atau Mengecek Keaslian Smartphone Android

Cara Mengetahui atau Mengecek Keaslian Smartphone Android | Apa kabar nih Sobat blogger sam-berbagi? maaf nih, belakangan ini tidak sempat update artikel berhubung karena masih dalam suasana hari lebaran, jadi sibuk bersilaturahmi dengan keluarga dan teman-teman, tentunya sobat juga demikian bukan?

Sesuai dengan judul yang akan kita bahas kali ini yaitu bagaimana cara mengetahui atau mengecek keaslian Smartphone Android, saya coba bahas beberapa langkah-langkah yang saya dapat dari berbagai sumber dan saya rangkum dalam postingan ini yang sobat bisa praktekkan. Kenapa saya memilih topik diatas, karena kemarin saya ditawari oleh teman saya samsung Galaxy S4 Second / bekas dengan harga cuma 800 ribu rupiah tentunya sangat tidak wajar bukan bila dibandingkan dengan harga baru nya yang berkisar 7 juta Rupiah. Smartphone android palsu/replika kini banyak beredar dan harganyapun sangat miring. Smartphone replika tentu me-replikakan smartphone-smartphone yang berkelas seperti Galaxy S4, Galaxy S3, iPhone, Nokia N8, dll.

Memang sangatlah sulit untuk melihat sekilas atau melihat dari fisik mana Galaxy S4 yang asli dan mana yang palsu karena bentuk dan segalanya terlihat sangat wajar juga sama. Namun, untuk mengetahuinya, haruslah melakukan sejumlah penelitian dengan membedakan produk asli dan yang palsu.

Sebenarnya hp palsu atau replika ini bukanlah ilegal, banyak juga yang memburunya agar terlihat nge-trend/sekedar gaya dengan bermodalkan budget terbatas. Namun ada pula penjual smartphone replika yang menjual dengan harga yang menyamai harga smartphone aslinya dan inilah yang membuat rugi pembelinya.

Nah, bagi sobat yang kesulitan membedakan smartphone asli dan palsu dari segi fisiknya, Sobat bisa mencoba langkah-langkah berikut untuk melakukan penelitian terhadap smartphone asli dan palsu ini.

1.  Bukalah website http://mobile.opera.store.com
     Scroll ke bagian bawah halaman, maka akan terlihat nama Smartphone android sobat

Cara Mengetahui atau Mengecek Keaslian Smartphone Android

2.  Menggunakan Sample Camera
Cobalah memotret menggunakan kamera Android Sobat, kemudian hasilnya cek di komputer (Windows). Klik kanan file fotonya, klik properties, klik summary, klik advanced. Perhatikan pada bagian “Equpment Make” dan “Camera Model”

Cara Mengetahui atau Mengecek Keaslian Smartphone Android
Cek Keaslian Smartphone Android

3.   Melakukan Cek IMEI
 Buka menu dial (panggilan) lalu ketikan *#06# maka akan muncul sederetan angka yang merupakan nomor imei ponsel sobat. Sobat juga bisa mengecek IMEI dengan melihat nomor IMEI yang ada di belakang body ponsel (Buka penutup baterai dan baterainya) serta bisa dilihat di dusbook pembelian.
Setelah mengetahui IMEI Smartphone, lalu masuk ke Link berikut


masukkan nomor IMEI, lalu akan muncul detail dari Smartphone Sobat.

4.  Menggunakan AnTuTu Bechmark
Antutu benchmark merupakan sebuah aplikasi yang mengukur performa Android anda sekaligus mencatat  spesifikasi android Sobat.

Download disini Antutu Benchmark.apk

Lakukan serangkaian test lalu lihatlah pada bagian Authenticated dan System Info. Untuk yang System Info, perhatikanlah spesifikasinya lalu cobalah bandingkan spesifikasi lengkap smartphone yang bisa dicari di www.gsmarena.com.
Antutu Benchmark.apk

Mungkin cara diatas sudah cukup buat sobat gunakan untuk mengetahui atau mengecek keaslian Smartphone Android, dan semoga artikel ini bermanfaat. selamat hari raya idul fitri, minal aidin walfaizin mohon maaf lahir batin.

Sampai jumpa di postingan saya selanjutnya dan jangan lupa untuk berkunjung setiap hari untuk mendapatkan postingan-postingan terbaru dari saya.
Untuk membaca postingan saya yang lainnya, silahkan membuka DAFTAR ISI pada menu blog ini.

Cara Mengetahui atau Mengecek Keaslian Smartphone Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sam Palopo

1 komentar:

dulla selayar said...

Nice post gan, Kan untuk beberapa cara di atas itu gak bisa di lakukan ketika pass melakukan transaksi, seperti menggunakan sample camera yang harus pake LP atau PC, untuk Web site juga gak bisa, karena hp yang mau di jual tentu saja tidak punya kartu SIM, Menggunakan AnTuTu Bechmark karena bisa saja penjualnya tidak memasang Aplikasi ini, jadi 1 satunya yang bisa di gunakan adalah dengan melakukan pengecekan IMEI namun tetap aja gak bisa masuk ke web yang agan sedia in, nah yang mau gue tanyakan, apa dingan mencocokkan IMIE ketika mengetik *#06# dengan yang ada di Box atau di Kotak Baterai nya udah bisa dipastikan klo Smartohone nya asli gak ?
Dan apa IMIE ini Bisa di palsukan atau Tidak ?

Makasih