Berbagi Tips Komputer dan Smartphone Terbaru, Materi Kuliah Teknik Informatika, Download Aplikasi dan ebook Gratis

Trik sederhana menghilangkan pesan “Consider Replacing Your Battery” pada ikon baterai

“consider replacing your battery” adalah pesan notifikasi pada ikon baterai yang ditandai dengan tanda silang merah pada system tray yang terdapat disebelah kanan bawah tampilan layar sobat, pesan “consider replacing your battery” ini biasanya muncul pada sistem operasi windows 7. Pesan notifikasi “consider replacing your battery” ini muncul ketika Windows 7 mendeteksi bahwa kapasitas baterai laptop Sobat sudah kurang dari 40% dari kapasitas seharusnya, dan sudah selayaknya diganti. Untuk lebih jelasnya seperti apa pesan “consider replacing your battery” ini, Sobat bisa lihat gambar berikut :



Sudah banyak laporan dari pengguna Windows 7 ini yang menyatakan bahwa kadangkala Windows 7 salah dalam mendeteksi kapasitas baterai laptop. Bahkan pernah ada seorang pengguna yang sudah mengganti baterai laptopnya dengan yang baru namun masih tetap mendapatkan notifikasi ini.

Apabila Sobat mengalami masalah “consider replacing your battery” seperti di atas, Anda tidak perlu panik ataupun buru-buru merogoh kocek untuk membeli baterai laptop baru. Ada suatu trik sederhana yang saya dapat dari search di google yaitu untuk menghilangkan notifikasi “consider replacing your battery” yang mengganggu tersebut. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Charge baterai sampai full (99% – 100%), setelah itu matikan laptop Sobat. Sampai tahap ini jangan dulu cabut charger-nya.
  1. Hidupkan laptop Sobat lalu masuk ke windows safe mode. Caranya, tekan F8 berulang-ulang sampai muncul menu Advanced Boot Options. Pilih Safe Mode.



  1. Setelah masuk ke dalam Windows Safe Mode, barulah cabut charger baterai laptop Sobat.
  1. Biarkan saja laptop menyala sampai mati sendiri karena baterainya benar-benar habis. Sangat disarankan untuk tidak mengoperasikan laptop Sobat selama proses ini. Biarkan saja sampai laptop mati sendiri.
  1. Setelah Laptop Sobat mati dengan sendirinya, pasang kembali charger laptop, lalu nyalakan kembali laptop Sobat dengan normal.
  1. Jika Sobat melakukan langkah-langkah diatas dengan benar, maka hasilnya baterai laptop Sobat bisa kembali normal dan  Notifikasi “consider replacing your battery” dan tanda silang merah di icon baterai tidak muncul lagi.


Teknik di atas pada dasarnya adalah suatu cara untuk mengkalibrasi kapasitas baterai laptop. Dengan menjalankan laptop mulai dari kondisi awal baterai penuh (kapasitas 100%) sampai benar-benar habis (kapasitas 0%), maka Windows 7 jadi tahu kapasitas sebenarnya (real capacity) dari baterai laptop, dan secara otomatis men-setting ulang parameter-parameter yang berkaitan dengan baterai laptop tersebut.



Sekian Postingan saya kali ini Tentang Trik sederhana menghilangkan pesan “Consider Replacing Your Battery” pada ikon baterai , Semoga Bermanfaat dan selamat mencoba.

Sampai jumpa di postingan saya selanjutnya dan jangan lupa untuk berkunjung setiap hari untuk mendapatkan postingan-postingan terbaru dari saya.
Untuk membaca postingan saya yang lainnya, silahkan membuka DAFTAR ISI pada menu Blog ini.

Trik sederhana menghilangkan pesan “Consider Replacing Your Battery” pada ikon baterai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar: