Berbagi Tips Komputer dan Smartphone Terbaru, Materi Kuliah Teknik Informatika, Download Aplikasi dan ebook Gratis

10 Hal Tentang Google Maps yang Perlu Anda Ketahui

10 Hal Tentang Google Maps yang Perlu Anda Ketahui | Google Maps adalah sebuah layanan pemetaan digital gratis dan online dari Google. Produk peta digital ini telah membantu jutaan orang di dunia terkait soal navigasi, lokasi, bahkan mempertemukan keluarga yang hilang.

Sobat sudah pernah mencoba layanan Google yang satu ini?? Apa sudah tahu untuk pengoperasian-nya? untuk itu, pada artikel ini saya berbagi sedikit tentang hal-hal yang mungkin tidak Sobat ketahui soal Google Maps. Silahkan disimak.

10 Hal Tentang Google Maps yang Perlu Anda Ketahui

1. Google Earth


Google Earth adalah bagian dari Google Maps. Layanan ini miliki kelebihan yang tidak dimiliki Google Maps. Google Earth telah sambangi Bulan dan Planet Mars. Dulu menggunakan Google Earth harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Kini, Google Earth bisa langsung dinikmati di situs Google Maps (web). Namun, pengguna harus mengunduh terlebih dahulu plugin Google Earth untuk menjalankan peta digital interaktif ini.

2. Desain jempolan


Google Earth tawarkan grafis antar muka yang lebih jempolan dibandingkan Google Maps. Jadi bagian dari pemetaan Google, Google Earth mampu sambangi Bulan, antariksa, bahkan Planet Mars.

3. Google Maps Street View 3D


Mungkin banyak yang tidak mengetahui jika Google Maps Street View bisa ditampilkan dalam visual tiga dimensi (3D).

4. Simulasi penerbangan


Ingin berlagak sebagai pilot, sila coba simulasi penerbangan di Google Earth. Di opsi tool pilih Enter Flight Simulator. Kemudian tinggal pilih jenis pesawat dan lokasiya.

5. Lokasi yang tak mungkin


Jika dibilang tak mungkin dijamah, memang benar. Namun Google Maps terbukti mampu ‘mengunjunginya’. Sebut saja Gunung Everest atau ‘Kota Hantu’ di Fukushima. Bahkan Google Maps juga telah sambangi gua bawah tanah; gua Akiyoshi-do, Jepang, dan beberapa gua di Hutan Hujan Amazon.

6. Lalu-lintas


Di beberapa lokasi tertentu, Google Maps mampu tampilkan data lalu-lintas terkini secara real-time. Misalkan di beberapa lokasi di Britania Raya. Tinggal klik di bagian pojok kanan atas layar maka kondisi trafik lalu-lintas akan ditampilkan.

7. Tidak sempurna


Meski telah memetakan hampir seluruh wilayah di dunia, Google Maps tetap miliki kekurangan. Misalnya saja soal lokasi yang tak bisa dijangkau. Korea Utara, adalah salah satu wilayah yang tidak bisa disentuh Google Maps.

8. Bisa digunakan offline


Google Maps hadir di pelbagai perangkat mobile contohnya Android. Namun tahukah Anda jika aplikasi ini tetap bisa digunakan meski dalam kondisi luring? Ya, walaupn tak terkoneksi dengan internet, Anda tetap bisa bernavigasi via Google Maps.

9. Kontribusi


Google telah petakan hampir seluruh wilayah di dunia. Pun juga, mereka memotret jutaan foto lokasi dan jalan raya. Namun, Google tak mampu berikan keterangan di semua lokasi. Pengguna bisa berkontribusi berikan saran, koreksi, diskripsi, serta additional foto lokasi.
 

10. SketchUp atau Building Maker


Tahukah Anda jika pengguna juga bisa ciptakan model 3D via Google Maps atau Google Earth? Ini berarti Anda tidak hanya sekadar sebagai pengguna. Google berikan kesempatan edukasi membuat model 3D via SketchUp atau Building Maker.


Sekian Artikel saya kali ini mengenai 10 Hal Tentang Google Maps yang Perlu Anda Ketahui, semoga bermanfaat,,,

Sampai jumpa di postingan saya selanjutnya dan jangan lupa untuk berkunjung setiap hari untuk mendapatkan postingan-postingan terbaru dari saya.
Untuk membaca postingan saya yang lainnya, silahkan membuka DAFTAR ISI pada menu Blog ini.

10 Hal Tentang Google Maps yang Perlu Anda Ketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar: