Berbagi Tips Komputer dan Smartphone Terbaru, Materi Kuliah Teknik Informatika, Download Aplikasi dan ebook Gratis

Cara Membuat Recovery File Image Windows menggunakan Active@Boot Disk

Cara Membuat Recovery File Image Windows menggunakan Active@Boot Disk | Postingan ini adalah kelanjutan dari postingan saya tentang Cara Menjalankan Active@Boot Disk dari Flash Disk dan CD/DVD. dan kali ini kita akan membahas Cara Membuat Recovery File Image Windows menggunakan Active@Boot Disk. file recovery image ini nanti Sobat gunakan untuk recovery atau meng-install Ulang Windows dengan cepat hanya dalam waktu 10-15 menit, tutorialnya akan saya bahas selanjutnya.
Berikut lanngkah-langkahnya :
  1. Saya asumsikan Sobat telah membaca artikel saya sebelumnnya tentang Cara Menjalankan Active@Boot Disk dari Flash Disk dan CD/DVD.
  2. Colokkan USB Flasdisk atau CD/DVD ke Komputer/Laptop, Atur konfigurasi BIOS agar boot dari USB. Tunggu sampai proses boot selesai dan tampil seperti gambar dibawah, pilih start->Program->Active@Disk Image.
  3. Kemudian pilih 'Disk to image' untuk membuat disk image dari system.
  4. Pilih Full backup dan klik Next untuk melanjutkan.
  5. Akan muncul jendela berikutnya, Pilih partisi yang akan dibuatkan image, dalam hal ini Windows OS, jadi pilih partisi C:\Local Disk. Klik Next untuk melanjutkan
  6. Klik Browse untuk memilih lokasi untuk menyimpan file image, dalam tutorial ini saya meletakkannya di partisi D, nama file backupnya bisa Sobat ganti, dalam tutorial ini nama file backup nya Windows 8 BU dan disipimpan dalam Partisi D. Sobat juga bisa langsung menempatkan file image tersebut ke media penyimpanan eksternal seperti Usb Flash Disk, DVD dan HDD External.
    Klik Next untuk melanjutkan.
  7. Langkah selanjutnya adalah mengatur konfigurasi dari file image yang akan kita buat seperti mengkonversi, password dan kapasitas filenya. Klik saja Next untuk pengaturan default nya.
  8. Selanjutnya checklist saja No Process to confirmation dan klik Next.
  9. Untuk jendela selanjutnya hapus checlist untuk pilihan Write text log to dan klik Next untuk melanjutkan.
  10. Untuk jendela berikutnya jangan mengubah apapun, tunggu saja sampai prosesnya selesai.
  11. Setelah selesai, Sobat sudah mempunyai file image yang dapat Sobat gunakan untuk menginstal ulang komputer seperti pada saat sobat membuat file image tadi dengan menggunakan active@Boot Disk jika mengalami error pada OS komputer sobat, Tutorial nya akan saya bahas selanjutnya Cara Tercepat INSTALL WINDOWS Untuk Semua Tipe Komputer dan Laptop.
Oh iya, setelah Sobat membuat file image tadi, sebaiknya lakukan verifikasi untuk mengetahui apakah file image yang kita buat tadi tidak mengalami error. Lihat gambar dibawah, pilih Verify Image dan klik Next->Next saja Sob. Jika Sukses berarti file Image yang sobat buat tidak mengalami error.

Ok, Saya kira cukup jelas pembahasan saya tentang Cara Membuat Recovery File Image Windows menggunakan Active@Boot Disk. Kalau masih ada pertanyaan, Silahkan bertanya melalui komentar dibawah.
 
Sampai jumpa di postingan saya selanjutnya dan jangan lupa untuk berkunjung setiap hari untuk mendapatkan postingan-postingan terbaru dari saya.
Untuk membaca postingan lainnya, silahkan membuka DAFTAR ISI pada menu Blog ini.

Cara Membuat Recovery File Image Windows menggunakan Active@Boot Disk Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sam Palopo

3 komentar:

doctor_it said...

permisi mas, sya berhasil buat imagenya windows 7, tpi pas di instal di laptop lain, windowsnya blue screen, tpi klw yang windows 8 berhasil, di jenis laptop lain... klw yang windows 7 tdak bisa, cara ngatasinnya gimana yah...?

ranu setyawan said...

mohon infonya brow, kalau cara menambahkan aplikasi lain pada saat proses instalasi windows, seperti office dll, jadi ketika proses instal windows maka aplikasi lain juga selesai , trims infonya.

free anto said...

@doctor_it
sebelum di buat image win7, ke device manager - IDE ATA/ATAPI controller - klik kanan ( biasanya Intel(R).... ) - update driver - browse for - let me pick - uncheck show compatible hardware - pilih standard IDE - standard dual chanel.
mdh2an bisa membantu.