Berbagi Tips Komputer dan Smartphone Terbaru, Materi Kuliah Teknik Informatika, Download Aplikasi dan ebook Gratis

Cara Menambah Kapasitas RAM di Android

Cara Menambah Kapasitas RAM di Android | Kali ini kita akan membahas tentang tips Cara Menambah Kapasitas RAM Android. Seperti yang kita ketahui, kinerja sebuah ponsel Android memang tergantung dengan kapasitas RAM yang dimiliki. Semakin besar kapasitas RAM semakin cepat pula kinerja Android. Untuk itu kita akan membahas tentang bagaimana Cara Menambah Kapasitas RAM Android.
Cara ini bisa dikatakan sangat simpel karena kita hanya mengubah memory eksternal/SDCard sebagai ekstensi untuk menambah kapaistas RAM Android. Free space/kapasitas kosong yang ada di Sd card bisa digunakan sebagai virtual Memory (RAM Swap/Memory swap).
Dengan bantuan sebuah aplikasi Android, RAM Android kecil bisa jadi lebih besar dan tentunya kinerja Android kamu bisa lebih cepat. Langsung saja berikut ini langkah-langkah cara meringankan beban RAM Android:
Cara Menambah Kapasitas RAM di Android


Cara Menambah Kapasitas RAM di Android :


  1. Pastikan Sobat punya SD Card yang mau dijadikan memory, minimal class 6 (kemampuan read di atas 6 MB/s). SD card class 10 lebih recommended. Jika SD card kurang dari itu, bakal berpengaruh terhadap performa nya.
  2. Ponsel Android harus sudah di root.
  3. Download aplikasi ROEHSOFT RAM Expander (SWAP) di Google Play, aplikasi ini berbayar $8.69 atau search yang gratisan nya saja.
  4. Install aplikasi tersebut, di menu awal, klik tombol Setting (capacitive button), pilih SDCARD Directory untuk menentukan dimana swapfile akan disimpan/terbentuk. Bisa disimpan di memory telepon atau sdcard.
  5. Pada isian Size (mb), isikan besaran swapfile yang akan digunakan sebagai virtual memory/RAM. Tombol “Optimal Value” pada pojok kiri bawah adalah settingan agar otomatis mengisi besaran nilai pada isian Size (Mb), sesuai dengan maximum free space yang ada di SD Card.
  6. Pada isian Swappiness, diisi dengan range angka 0 – 100. 0 berarti kernel tidak menggunakan swapfile, dan 100 berarti kernel akan men-swap setiap memory yang ada ke SD Card. Silahkan mencoba sendiri besaran value yang paling pas menurut Sobat.
  7. Kemudian di check Swap active yang ada di pojok kiri atas. lalu tunggu sampai proses pembentukan swapfile selesai. Lama proses sangat bergantung pada besaran swapfile yang dibentuk dan seberapa cepat SD Card kamu.
  8. Secara system, memang RAM bakalan tetap keliatan kayak bawaan Android kamu, karena secara default tidak menayangkan Swap RAM. Tapi secara real, bakalan kelihatan perubahannya. Ponsel Android kamu jadi lebih responsif dan cepat.

Sekian Ulasan kita kali ini untuk Cara Menambah Kapasitas RAM di Android, Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat.

Sampai jumpa di postingan saya selanjutnya dan jangan lupa untuk berkunjung setiap hari untuk mendapatkan postingan-postingan terbaru dari saya.
Untuk membaca postingan saya yang lainnya, silahkan membuka DAFTAR ISI pada menu Blog ini.

Cara Menambah Kapasitas RAM di Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar: